petunjuk:Harap ingat alamat situs terbaru situs ini:68r7.kk996.com!Menanggapi seruan tindakan nasional untuk membersihkan Internet, situs ini telah membersihkan semua novel pornografi, sehingga banyak buku menjadi bingung,Jika Anda membuka link tersebut dan ternyata itu bukan buku yang ingin Anda baca, silakan klik ikon pencarian di atas untuk mencari buku tersebut lagi,Terima kasih atas kunjungan anda!

pinjol pinjam emas

intan77 784Jutaan kata 214425Orang-orang telah membaca serialisasi

《pinjol pinjam emas》

2 Menteri Jokowi Keroyokan 'Serang' Tom Lembong Imbas Kritik Nikel******

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Menko Marves Luhut Pandjaitan ramai-ramai menyerang Thomas Lembong yang mengkritik hilirisasi nikel Jokowi.
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Menko Marves Luhut Pandjaitan ramai-ramai menyerang Thomas Lembong yang mengkritik hilirisasi nikel Jokowi. (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan ramai-ramai menyerang balik Co-captain 2 Timnas AMIN Thomas Lembong soal hilirisasi nikel dan kendaraan listrik.

Kedua menteri pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini geram dengan pernyataan pria yang akrab disapa Tom itu, khususnya mengenai hilirisasi nikel di dalam negeri yang dinilai ugal-ugalan sehingga membuat harga nikel dunia anjlok.

Luhut menilai Tom, yang juga seorang mantan menteri perdagangan dan mantan kepala BKPM, berbohong atas pernyataan bahwa harga nikel anjlok akibat gencarnya pembangunan smelter di Indonesia, yang termasuk program hilirisasi pemerintahan Jokowi.

"Oke, Anda intelektual. Tapi karakter Anda menurut saya enggak bagus," sambungnya.

Luhut menegaskan harga nikel perlu dilihat dalam bentuk data panjang, misal sepuluh tahun terakhir.

Ia menyebut siklus dari komoditas naik dan turun, mulai dari batu bara, nikel, hingga emas. Namun, Luhut menyebut harga nikel dunia sekarang menyentuh Rp15 ribu, lebih bagus dari periode 2014-2019 yang hanya Rp12 ribu.

"Jadi saya enggak ngerti bagaimana Tom Lembong memberikan statement seperti ini," kata dia.

Luhut juga menyoroti pernyataan Tom terkait lithium ferro phosphate (LFP). Pasalnya, LFP menjadi andalan Tom saat menyerang program hilirisasi nikel di rezim Jokowi.

Tom menyebut negara luar sudah mulai meninggalkan nikel Indonesia untuk menggarap baterai mobil listrik dan beralih ke LFP. Luhut menegaskan apa yang dikatakan eks menteri perdagangan itu tidak benar.

"Tidak benar pabrik Tesla di Shanghai menggunakan 100 persen LFP untuk mobil listriknya. Mereka masih tetap menggunakan nikel based baterai. Jadi, seperti suplai nikel based baterai itu dilakukan oleh LG Korea Selatan untuk model mobil listrik yang diproduksi Tesla di Shanghai," jelasnya.

Setali tiga uang, Bahlil pun menuding Tom melakukan kebohongan publik. Ia menampik pernyataan Tom bahwa mobil listrik Tesla tak lagi menggunakan baterai kendaraan listrik berbahan baku nikel.

Bahlil mengatakan Tesla memang menggunakan baterai kendaraan listrik LFP seperti yang disampaikan Tom, tetapi hanya untuk kendaraan standar.

"Apakah benar nikel akan ditinggalkan? Ini adalah kebohongan publik. Kenapa saya katakan demikian? Karena LFP itu hanya dipakai oleh Tesla kepada mobilnya yang standar. Karena kualitas jarak tempuhnya itu lebih bagus ke nikel dan itu Tesla sebagian juga masih memakai bahan baku nikel," katanya dalam konferensi pers Kinerja Investasi 2023, Rabu (24/1).

[Gambas:Video CNN]

Tom Lembong belakangan ini memang sering mengkritik pemerintahan Jokowi. Kritik ia berikan setelah gabung ke kubu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN).

Kritik salah satunya ia berikan terkait kebijakan hilirisasi nikel yang dilaksanakan Jokowi.

Ia menyebut kebijakan itu sudah menghancurkan harga nikel. Menurutnya, karena kebijakan Jokowi harga nikel di pasar global sudah turun sekitar 30 persen dalam 12 bulan terakhir.

Kejatuhan harga tersebut katanya dipicu gencarnya pembangunan smelter. Ia memperkirakan kejatuhan harga itu akan berlanjut karena stok nikel di dunia mengalami surplus yang terbesar sepanjang sejarah karena kebijakan Jokowi.

Lihat Juga :
Luhut Tuduh Tom Lembong Bohongi Anies-Cak Imin: Intelektual Meragukan

"Jadi dengan begitu gencarnya dibangun smelter di Indonesia, kita membanjiri dunia dengan nikel. Harga jatuh, terjadi kondisi oversupply," ujar Lembong.

Tak hanya menjatuhkan harga, Tom juga menjelaskan karena pemerintah begitu militan dan konfrontasional terhadap nasabah luar negeri, hal itu membuat mereka ketakutan. Ini membuat Indonesia kehilangan kepercayaan dan mencari opsi lain untuk membuat baterai mobil listrik.

"Akhirnya mereka cari opsi lain, mereka bikin formulasi bahan baterai yang tidak menggunakan nikel," kata dia lebih lanjut.

Lembong lantas mencontohkan Tesla yang tidak menggunakan nikel untuk bahan baku baterai mobil listriknya.

"Jadi 100 persen dari semua mobil Tesla yang dibuat di Tiongkok menggunakan baterai yang mengandung 0 persen nikel, dan 0 persen kobalt. Jadi baterainya lithium iron phosphate (LFP). Jadi pakai besi, pakai fosfat, masih tetap pake lithium, tapi sudah tidak lagi pakai nikel, tidak lagi pakai kobalt," tutur dia.

Lihat Juga :
Luhut Tuduh Tom Lembong Bohongi Anies-Cak Imin: Intelektual Meragukan
(del/agt)

Menhub Targetkan Uji Coba Bandara IKN Juli Mendatang******

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan uji coba Bandara Nusantara di IKN, Penajam Paset Utara, Kalimantan Timur, dilaksanakan pada Juli 2024.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan uji coba Bandara Nusantara di IKN, Penajam Paset Utara, Kalimantan Timur, dilaksanakan pada Juli 2024. (Pradita Utama/ Detikcom).
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan uji coba Bandara Nusantara di IKN, Penajam Paset Utara, Kalimantan Timur, dilaksanakan pada Juli 2024.

Hal itu ia ungkapkan saat meninjau progres pembangunan Bandara Nusantara pada Rabu (24/1).

"Hari ini kita melihat pembangunan bandara berjalan dengan baik. Bulan Juli diperkirakan sudah selesai untuk kita uji cobakan," ujarnya melalui keterangan resmi.

Ia juga menyebut proses pembangunan bandara juga akan dipercepat dengan penambahan alat, waktu kerja, serta penyelesaian terkait lahan.

Bandara Nusantara akan digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan dan mendukung konektivitas di IKN.

Menurut Budi, Bandara yang berjarak 23 kilometer dari titik 0 IKN dan 120 km dari Balikpapan ini, mempunyai luas terminal 7.350 meter persegi dan luas area bandara 347 hektare.

Adapun runway bandara ini sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter yang dapat didarati pesawat berbadan besar seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

Selepas mengecek bandara, Budi juga meninjau bakal lokasi pembangunan Kereta Otonom atau Automated Rail Transit (ART) di IKN.

"Kereta otonom atau ART nanti akan berada di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur. Ditargetkan pada bulan Agustus sudah bisa kita gunakan sebagian rutenya," ujarnya.

Pembangunan rute ART akan dilakukan dalam 2 fase. Untuk satu set kereta terdiri dari dua gerbong, berkapasitas total 324 penumpang.

ART berkecepatan operasional 40 km/jam dan berkecepatan maksimal 70 km per jam. Kereta ini menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet.

[Gambas:Video CNN]



(mrh/agt)

3 Perusahaan Media AS Ramai******

Tiga perusahaan media AS kompak PHK karyawan di awal 2024 ini, yaitu Business Insider, LA Times dan Time Magazine.
Tiga perusahaan media AS kompak PHK karyawan di awal 2024 ini, yaitu Business Insider, LA Times dan Time Magazine. (iStockphoto/Yongyuan Dai).
Jakarta, CNN Indonesia--

Tigaperusahaan media Amerika Serikat (AS) kompak mengumumkan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah pegawai mereka pada awal 2024 ini.

Terbaru, ada Business Insider yang bakal memangkas 8 persen jumlah pegawai mereka. Namun demikian, perusahaan tak merinci total berapa orang pekerja yang masuk angka 8 persen tersebut.

Kepala Eksekutif Business Insider Barbara Peng dalam sebuah memo kepada pegawai mengatakan media yang berkantor pusat di New York itu perlu memfokuskan kembali prioritas demi keberlangsungan di masa yang akan datang.

Peng mengatakan pekerja yang terkena dampak akan menerima gaji minimal 13 pekan dan asuransi kesehatan.

Business Insider bukan media pertama yang mengumumkan PHK awal tahun ini. Sebelumnya, Los Angeles Times dan Majalah Time juga melakukan hal serupa.

Los Angeles Times secara gamblang mengungkapkan bahwa perusahaan memangkas 100 jurnalis. Menurut manajemen perusahaan, PHK dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi tekanan keuangan.

Tak terima, serikat pekerja perusahaan itu pun mogok kerja pada Jumat (19/1) lalu. Serikat pekerja meminta Los Angeles Time untuk menjelaskan berapa target penghematan biaya serta jumlah persis karyawan yang akan dirumahkan. Pasalnya, perusahaan cukup tertutup mengenai informasi tersebut.

Lihat Juga :
Basuki Akhirnya Bicara soal Giant Sea Wall Ala Prabowo-Airlangga

Di sisi lain, Pihak perusahaan juga mengaku kecewa dengan rencana mogok para pegawai. Namun, manajemen Los Angeles Times tetap menghormati putusan itu.

"Kami kecewa dengan keputusan serikat pekerja, namun menghormati hak mereka untuk mogok," kata Los Angeles Times.

PHK terjadi setelah editor eksekutif surat kabar tersebut, Kevin Merida, mengundurkan diri dari jabatannya satu pekan sebelum pengumuman PHK 100 jurnalis tadi.

Menyusul Los Angeles Times, Majalah Times melakukan PHK pada 15 persen karyawan pada Selasa (23/1) lalu. Hal ini diungkapkan langsung oleh serikat pekerja.

Berdasarkan laporan CNN, juru bicara TIME mengungkapkan PHK berdampak terhadap 30 karyawan dari berbagai departemen, termasuk divisi editorial, teknologi, penjualan dan studionya.

Serikat pekerja menyebutkan yang paling banyak dirumahkan adalah karyawan TIME for Kids, kanal yang mempublikasikan berita untuk anak-anak usia sekolah.

"Saya mulai bekerja di Majalah TIME tepat satu tahun yang lalu, dan pagi ini saya diberhentikan bersama 12 jurnalis lainnya," ujar Haley Weiss, reporter kesehatan dan sains TIME dalam sebuah postingan di X.

Dalam memo kepada karyawan, Kepala Eksekutif TIME, Jessica Sibley mengatakan keputusan tersebut bukan hal yang mudah bagi perusahaan. Namun, harus dilakukan demi keberlanjutan dan pertumbuhan jangka panjang perusahaan.

"Kami telah berupaya mengelola pengeluaran di area lain dalam bisnis kami secara agresif untuk meminimalkan dampak keputusan ini terhadap karyawan kami," tulis Sibley.

"Meskipun keputusan ini tidak mudah diambil, ini adalah langkah penting yang harus kami ambil untuk memajukan bisnis kami dan meningkatkan posisi keuangan kami sebagai sebuah organisasi," imbuhnya dalam memo tersebut.

[Gambas:Video CNN]

(mrh/pta)




bab terbaru:hari slot

Perbarui waktu:2024-05-20

Daftar bab terbaru
slot baru jp
sembilandewa88
indogenting
situs gacor banget
slot pakai dana
slot besar terpercaya
slot259
pokermaya
sgo777
Daftar isi semua bab
Bab 1 sistem pinjol
Bab 2 kredit dana online
Bab 3 emas slot 88
Bab 4 rekomendasi slot
Bab 5 luckyslot99
Bab 6 togel rumus jitu kena empat angka
Bab 7 contoh slot gacor
Bab 8 slot yakin menang
Bab 9 ga slot
Bab 10 gacor mania 77 slot
Bab 11 situs slot terhoki
Bab 12 lgo234
Bab 13 angkasa138
Bab 14 ziatogel
Bab 15 robintogel
Bab 16 rtp surgaplay
Bab 17 pelangi88
Bab 18 akun demo zeus server thailand
Bab 19 goldwin678
Bab 20 situs slot paling bagus
Klik untuk melihattersembunyi di tengah9023bab
sejarahBacaan TerkaitMore+

Ahli seni bela diri pertama

bocoran admin slot agus
Shopee Indonesia memiliki sejumlah program untuk UMKM lokal, di antaranya Kelas UMKM, Kampus UMKM, dan program ekspor.
Shopee Indonesia memiliki sejumlah program untuk UMKM lokal, di antaranya Kelas UMKM, Kampus UMKM, dan program ekspor. ( (Foto: Arsip Istimewa).
Jakarta, CNN Indonesia--

Shopeeterus berkomitmen untuk mendukung usaha kecil mikro menengah (UMKM) lokal.

Director of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan pihaknya memiliki sejumlah program untuk UMKM lokal, di antaranya Kelas UMKM, Kampus UMKM, dan program ekspor.

"Teman-teman penjual kita akan selalu bantu buat melihat channel-channel apa lagi yang bisa digunakan supaya mereka bisa naik kelas jadi pelaku UMKM yang lebih canggih," katanya dalam media luncheon di Jakarta, Kamis (25/1).

Dalam kampanye yang puncaknya pada 2 Februari mendatang itu, Shopee bakal memberikan penawaran menarik pesta voucher 80 persen, gratis ongkir semua toko, dan diskon hingga 80 persen.

"2.2 kita udah mulai dan puncaknya nanti di tanggal 2/2. Kita punya Shopee Live & Video Mega Sale. Beberapa offering yang kita punya ada voucher 80 persen, nanti bisa dicari di sosial media kita," katanya.

Monica menambahkan kampanye 2.2 Shopee Live & Video Mega.

Sale menjadi langkah awal di tahun ini untuk membawa pengalaman belanja melalui fitur interaktif.

Pasalnya pada kampanye 12.12 Birthday Sale di akhir tahun kemarin, sambunganya, Shopee melihat animo belanja masyarakat yang tinggi di mana fitur-fitur interaktif menjadi salah satu metode yang banyak digunakan oleh pengguna saat berbelanja online.

Lihat Juga :
Belanja Awal Tahun di Shopee 2.2 Live & Video Mega Sale: Seru & Untung

Pada hari puncak 12.12, transaksi sesi Shopee Live naik lebih dari 49 kali lipat, dan di saat yang sama peningkatan pesanan melalui Shopee Video tercatat mencapai 45 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa

Melihat performa yang kuat di akhir tahun lalu, Monica menyebut elemen interaksi diprediksi akan masih mengambil peran kuat dalam pengalaman belanja di tahun ini.

"Elemen interaksi tidak hanya membawa pengaruh bagi pembeli saja, tetapi juga menawarkan dampak positif yang signifikan terhadap para pelaku usaha, khususnya brand lokal dan UMKM," katanya.

(fby/agt)

Evolusi super kelahiran kembali

tafsir mimpi 3 d
Ketua dan anggota DPR RI bakal mendapatkan pelayanan spesial dalam menaiki kereta dan Whoosh. Mereka akan disambut, diberi ruang VIP, dan diantar ke tujuan.
Ketua dan anggota DPR RI bakal mendapatkan pelayanan spesial dalam menaiki kereta dan Whoosh. Mereka akan disambut, diberi ruang VIP, dan diantar ke tujuan. (CNN Indonesia/Sakti Darma).
Jakarta, CNN Indonesia--

DPR RI bakal mendapatkan pelayanan spesial dari PT Kereta Api Indonesia(KAI) dan PT Kereta CepatIndonesia-China (KCIC).

Pelayanan spesial ini tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan Sekretaris Jenderal DPR RI dengan KAI dan KCIC. Pemberian pelayanan dalam bentuk protokoler ini berlaku selama 2024-2025.

"Yang pasti saat ini Kereta Cepat Whoosh menjadi alternatif moda transportasi yang digunakan oleh bapak/ibu anggota DPR, termasuk Bu Puan (Ketua DPR RI Puan Maharani). Jadi, semuanya menggunakan Kereta Cepat Whoosh dan alhamdulillah kita bisa melayani dengan baik, termasuk protokolernya," jelas Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi usai acara di Kompleks DPR RI, Kamis (25/1).

Sementara itu, Dirut KAI Didiek Hartantyo mengatakan pihaknya mengapresiasi dan terima kasih kepada jajaran DPR RI yang mempercayakan keprotokolan anggota parlemen kepadanya. Berbeda dengan KCIC, ini kali kedua KAI bekerja sama dengan DPR RI usai sebelumnya terjadi pada 2020-2021.

Didiek berharap para pimpinan dan anggota DPR RI bisa lebih banyak menggunakan kereta api dalam perjalanan di Pulau Jawa dan Sumatra. Ia menekankan KA ramah lingkungan dan on time.

"Jadi, ini MoU mengenai keprotokolan. Kami kalau ada pimpinan, anggota, atau maupun secara pribadi akan memberitahukan kepada kami. Nanti, pada saat kedatangan, kami akan sambut. Sehingga penyambutan, penyediaan parkir, penyediaan ruang VIP, termasuk pengantaran ke kereta sampai nanti ke tujuan, itu protokolernya kita atur," jelas Didiek.

Sementara itu, Sekjen DPR RI Indra Iskandar menegaskan DPR adalah satu-satunya lembaga tinggi yang menyebutkan dalam undang-undang soal keprotokolan. Indra mengatakan keprotokolan adalah salah satu hak utama anggota DPR yang tertuang dalam UU MD3, yakni UU Nomor 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan.

"KCIC (Whoosh) saat ini moda yang sangat membantu banyak anggota dalam mobilitas ke beberapa tempat di Jawa Barat. Sehingga anggota dewan dapat memperoleh kenyamanan dan hak-hak protokoler sebagai pejabat negara," ucap Indra saat sambutan penandatangan nota kesepahaman tersebut.

[Gambas:Video CNN]



(skt/agt)

Peri Rubah Kecil Dewa Perang Merah

slot situs 777
Beras SPHP viral ditempeli stiker Prabowo-Gibran. Beras dirilis Bulog untuk stabilisasi harga. Harganya lebih murah, pembelian dibatasi 10 kg per orang.
Beras SPHP dirilis Bulog untuk stabilisasi harga dan stok. Harganya lebih murah, pembelian dibatasi 10 kg per orang. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia--

Beras yang dikemas oleh Bulog tengah menjadi perbincangan. Sebab, terdapat stiker kampanye pasangan capres dan cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Stiker kampanye itu ditempel di beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) yang dikemas dan dipasarkan oleh Perum Bulog. Namun, Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi membantah bahwa stiker tersebut ditempel dari gudang Bulog.

"Beras SPHP tersedia di mana-mana, di pasar-pasar, di minimarket. Siapa saja sangat mudah mendapatkan beras SPHP. Dari Bulog tidak ada atribut politik apapun," pungkasnya.

Beras SPHP ditujukan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah. Saat terjadi lonjakan harga, maka beras SPHP akan berperan penting.

Selain dipasarkan secara luas, Beras SPHP kerap dijadikan sebagai bantuan pangan dari pemerintah untuk masyarakat yang tidak mampu atau miskin.

Beras Bulog ini memiliki kualitas yang hampir setara beras medium, tetapi dengan harga yang lebih murah. Masyarakat bisa mendapatkan Beras SPHP baik di pasar tradisional, ritel modern, outlet Perum Bulog, pemerintah daerah, hingga toko-toko lainnya yang menjadi mitra downline Perum Bulog.

Lihat Juga :
Penjelasan Bos soal Beras Bulog Bisa Ditempeli Stiker Prabowo-Gibran

Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) bersama Perum Bulog berkomitmen akan terus melanjutkan program SPHP Beras tersebut sepanjang 2024 untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi.

Tahun ini, rencana penyaluran beras SPHP diperkirakan mencapai 1,2 juta ton. Beras SPHP 2024 dilaksanakan secara merata di seluruh wilayah Indonesia dalam bentuk curah dan kemasan 5 kg dengan harga zona 1 Rp10.900 per kg, zona 2 Rp11.500 per kg, dan zona 3 Rp11.800 per kg.

Meskipun dipasarkan bebas, pembelian Beras SPHP dibatasi maksimal 10 kg per orang. Artinya, setiap orang hanya bisa membeli 2 pack yang masing-masing kemasannya berisi 5 kg beras. Hal ini pernah diungkapkan Kepala Bapanas Arief Prasetyo pada Oktober 2023.

Arief menjelaskan pembatasan pembelian ini lantaran beras SPHP berasal dari cadangan beras pemerintah (CBP), yang digelontorkan ke masyarakat demi menstabilkan pasokan dan harga.

"Kenapa harus dibatasi? Ini karena beras SPHP harganya telah ditetapkan pemerintah sebesar Rp10.900 per kg dan setiap rumah logikanya cukup dengan 2 pack. Apalagi kualitas beras SPHP Bulog ini berkualitas premium," tegas Arief dalam keterangan resmi pada 3 Oktober 2023.

"Tentunya masyarakat kami ajak bersama untuk senantiasa berbelanja bijak, yang artinya sesuai dengan kebutuhan, tidak perlu belanja berlebihan di atas kebutuhan normal," sambungnya.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)

setengah dongeng

buku mimpi hari ini
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengklaim ada pihak asing yang melobi calon presiden untuk menyetop hilirisasi nikel.
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengklaim ada pihak asing yang melobi calon presiden untuk menyetop hilirisasi nikel. (CNN Indonesia/Khaira Ummah JP)
Jakarta, CNN Indonesia--

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)Bahlil Lahadalia mengklaim ada pihak asing yang melobi para calon presiden untuk menyetop hilirisasi nikel.

Ia mengatakan pihak asing itu awalnya melobi dirinya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. dan Presiden Jokowi, tetapi tidak berhasil.

"Mereka pengen Indonesia ekspor bahan mentah terus. Karena tidak bisa melobi Pak Jokowi, Pak Luhut, tidak bisa melobi saya maka mereka lobi lah kepada calon-calon pemimpin lain untuk segera kita setop (hilirisasi) atau membuka kembali ekspor nikel," katanya dalam konferensi pers, Rabu (25/1).

Bahlil mengatakan Tesla memang menggunakan baterai kendaraan listrik lithium ferro phosphate (LFP) seperti yang disampaikan Thomas Lembong. Namun, hanya untuk kendaraan yang standar.

"Apakah benar nikel akan ditinggalkan? Ini adalah kebohongan publik. Kenapa saya katakan demikian? Karena LFP itu hanya dipakai oleh Tesla kepada mobilnya yang standar. Karena kualitas jarak tempuhnya itu lebih bagus ke nikel dan itu Tesla sebagian juga masih memakai bahan baku nikel," katanya.

Dalam paparannya, Bahlil menyebut ada dua jenis baterai kendaraan listrik yakni LFP dan nickel mangan cobalt (NMC). LFP terdiri atas lithium, ferro, dan phospate yang tidak ada di Indonesia.

Namun, Indonesia memiliki nikel mangan, dan cobalt yang merupakan bahan baku NMC.

"Sekarang kita sebenarnya mau fokus mau mengembangkan potensi sumber daya alam kita atau kita mempromosikan negara lain? Ini lucu nih negara ini, atau ada apa ini?," kata Bahlil.

[Gambas:Video CNN]



(ldy/pta)

Artefak dunia maya vertikal dan horizontal

pengertian parlay judi bola
Kiat membangun keterampilan interaksi sosial yang positif bagi anak
Sejumlah siswa menghias miniatur rumah berenergi surya dalam kegiatan edukasi dari komunitas I Love Energi Surya (ILES) di TK Perintis 1 Yayasan Al Hakiim, Cakung, Jakarta, Rabu (28/2/2024). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Jakarta (ANTARA) - Kemampuan dalam menjalin interaksi sosial penting diajarkan sejak usia dini guna menumbuhkan rasa percaya diri dan kecerdasan emosional yang bermanfaat untuk masa mendatang dan hal yang perlu dilakukan bisa dimulai dengan menjalin pertemanan. 

Pendiri sekaligus CEO lembaga pendidikan anak usia dini IKidz, Dhruv Ahuja mengatakan bahwa setiap anak memiliki proses yang berbeda-beda dalam menjalin pertemanan, ada yang mudah dan ada pula yang lebih sulit ketika membentuk hubungan sosial yang sehat.

"Selanjutnya, ini membutuhkan lingkungan yang inklusif, di mana setiap anak memahami pentingnya pengembangan keterampilan sosial," kata Dhruv dikutip dari Hindustan Times, Jumat.

Menurutnya, keterampilan sosial dapat membantu anak-anak dalam membangun hubungan sosial yang positif. Dhruv membagikan sejumlah kiat dalam menumbuhkan keterampilan menjalin pertemanan dan interaksi sosial yang positif bagi anak-anak:

Baca juga: Psikolog imbau orang tua ajak anak terlibat dalam kegiatan sosial

Dimulai sejak dini

Pengembangan keterampilan interaksi sosial dapat dimulai sejak usia dini. Baik orang tua maupun guru dapat mulai mengenalkan pengembangan keterampilan interaksi sosial sebagai salah satu kemampuan penting dalam hidup.

Dengan pengenalan di usia dini, anak-anak dapat lebih siap dalam menghadapi pengalaman sosial yang berbeda-beda seiring berjalannya waktu.

Belajar sambil bermain

Anak-anak cenderung lebih senang belajar melalui kegiatan yang menyenangkan dibandingkan proses belajar konvensional yang kaku dan melelahkan.

Sangat penting untuk menerapkan kegiatan belajar sambil bermain dan interaksi kelompok sebagai upaya untuk mengajarkan keterampilan sosial. Cara-cara yang dapat dicoba bisa seperti bermain peran, melatih percakapan, dan melalui permainan.

Beri contoh positif

Orang tua atau pengajar dapat berperan sebagai pemberi contoh positif kepada anak-anak. Anak-anak cenderung akan meniru perilaku dari orang dewasa yang berada di sekitarnya.

Oleh karena itu, orang tua atau pengajar dapat mencontohkan perilaku baik misalnya berbagi kepada orang lain, menunjukkan rasa empati, bekerja sama, atau bersikap baik dan sopan.

Dengan begitu, anak-anak dapat meniru perilaku baik tersebut dan akan terus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Melakukan kegiatan berkelompok

Melakukan kegiatan berkelompok dengan anak-anak lain dapat meningkatkan kemampuan sosial sekaligus akademis anak-anak. Kegiatan seperti membaca buku bersama di perpustakaan atau bermain bersama di taman bermain dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak-anak.

Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat anak-anak juga dapat membantu anak-anak belajar memulai percakapan dan menguasai keterampilan dasar dalam berbagi, berbicara, dan bekerja sama.

Baca juga: Olahraga bantu pengembangan karakter sosial dan keterampilan anak

Memberikan edukasi terkait emosi

Mengedukasi anak-anak dalam mengekspresikan emosinya dapat membantu dalam menjalin hubungan sosial yang positif.

Mengajarkan tentang kompleksitas emosi dapat memberikan edukasi mengenai keseimbangan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan intelektual. Dengan begitu anak dapat lebih merasa diberdayakan, diakui, dan didengar sehingga mendorong terbentuknya hubungan sosial positif dengan orang lain.

Aktif melibatkan orang tua, guru, dan pengasuh

Peran yang kuat di antara orang tua, pendidik, dan pengasuh sangat penting dalam mendidik dan membimbing anak termasuk dalam pengembangan keterampilan interaksi sosial.

Penting untuk diperhatikan bahwa baik orang tua, guru, maupun pengasuh seharusnya hanya bertindak sebagai pemandu dan bukan memaksakan dalam memutuskan apa yang benar atau salah untuk anak.

Di sisi lain, anak-anak membutuhkan ruang untuk memperluas pengetahuan mereka sehingga memungkinkan mereka untuk dapat membuat kesalahan dan secara bersamaan membantu mereka belajar dari kesalahan itu.

Hal tersebut tidak hanya akan membuat mereka mahir dalam bersosialisasi tetapi juga akan menanamkan harga diri dalam dirinya.

Baca juga: TII: Keterampilan bela diri dapat melindungi anak dari "bullying"

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024

Seorang pencuri ulung

akun slot yang bagus
Nilai perusahaan Microsoft tembus US triliun atau Rp47 ribu triliun. Jumlah ini lebih besar dari ekonomi Prancis pada 2022.
Nilai perusahaan Microsoft tembus US triliun atau Rp47 ribu triliun. Jumlah ini lebih besar dari ekonomi Perancis pada 2022. (Foto: AFP/DENIS CHARLET)
Jakarta, CNN Indonesia--

Microsoft menjadi perusahaan kedua yang bernilai paling tinggi di dunia setelah tembus lebih dari US triliun atau Rp47.574 triliun (kurs Rp15.850 per dolar AS) pada Rabu (24/1). Hal ini dikarenakan saham melonjak setelah mereka merilis kecerdasan buatan (AI).

BerdasarkanCNN, Kamis (25/1), nilai pasar Microsoft saat ini menjadi lebih besar dari seluruh PDB Prancis sebesar US,7 triliun.

Harga saham Microsoft naik hampir 1,5 persen menjadi sekitar US5 per saham pada Rabu sore. Hal ini berhasil membuat nilai pasarnya melebihi US triliun dan bergabung bersama Apple sebagai satu-satunya perusahaan yang melewati nilai tersebut.

Pada 2023, CEO Microsoft Satya Nadella melakukan investasi bernilai miliaran dolar pada AI, termasuk mengomersilkan dan menambahkan alat AI seperti ChatGPT ke dalam rangkaian produknya sebelum para pesaingnya.

Ia bahkan memperkuat hubungan Microsoft dengan pembuat ChatGPT, OpenAI, pionir utama di bidang kecerdasan buatan.

Setelah tertinggal di belakang Apple selama sebagian besar dekade terakhir, Microsoft sempat melampaui perusahaan tersebut dan menjadi perusahaan publik paling berharga di dunia pada awal Januari lalu.

Microsoft adalah bagian dari 'Magnificent 7', kelompok saham yang terdiri dari Apple, Nvidia, Amazon, Alphabet, Meta dan Tesla.

Microsoft sendiri menguasai 7,3 persen saham S&P 500. Secara keseluruhan, ketujuh saham ini memiliki kapitalisasi pasar yang lebih besar dibandingkan seluruh pasar saham negara mana pun kecuali Amerika Serikat.

Pada minggu lalu, Nvidia dan Microsoft sendiri menyumbang sekitar 75 persen dari keuntungan S&P 500 tahun ini, menurut analis di Bespoke Investment Group.

[Gambas:Video CNN]

(ldy/pta)